Home » » NASEHAT IMAM AL-GHOZALI RA UNTUK ANAKNYA

NASEHAT IMAM AL-GHOZALI RA UNTUK ANAKNYA



Wahai anakku ! Janganlah engkau hidup dengan kemiskinan amal dan kehilangan kemauan kerja. Yakinlah bahwa ilmu tanpa amal semata-mata tidak akan menyelamatkan orang. Jika di suatu medan pertempuran ada seorang yang gagah berani dengan persenjataan lengkap di hadapkan dengan seekor singa yang galak, dapatkah senjatanya melindungi dari bahaya, jika tidak diangkat, dipukulkan dan ditikamkan? Tentu saja tidak akan menolong, kecuali diangkat, dipukulkan dan ditikamkan. Demikian pula jika seseorang membaca dan mempelajari seratus ribu masalah ilmiah, jika tidak diamalkan maka tidaklah akan mendatangkan faidah apa pun.


Wahai anakku! Berapa malam engkau beterjaga untuk mengulang-ulang ilmu, membaca buku, dan engkau haramkan tidur atas dirimu? Aku tak tahu, apa yang menjadi pendorongmu. Jika yang menjadi pendorongmu adalah kehendak mencari materi dan kesenangan dunia atau mengejar kedudukan atau mencari kelebihan atas kawan semata, maka malanglah engkau! Namun jika yang mendorongmu adalah keinginan untuk menghidupkan syariat Rasulallah SAW dan menyucikan budi pekertimu, serta menundukkan nafsu yang tiada henti mengajak kepada kejahatan, maka beruntunglah engkau.Maka benar apa kata seorang penyair, “Biarpun kantuk menyiksa mata.


Akan percuma saja jika tak karena Allah semata”.
Wahai anakku! Hiduplah seperti apa maumu, namun ingat!

Sesungguhnya engkau akan mati. Dan cintailah siapa yang engkau sukai, namun ingat! Engkau akan berpisah dengannya.

Dan, berbuatlah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat! Engkau pasti akan menerima balasannya nanti.

--Majmu’ah Rasa’il Al-Imam Al-Ghazali

Semoga Allah menganugerahkan pada kita semua keturunan yang sholeh nan sholehah, dan untuk yang belum berjodoh, semoga Allah melancarkan jodohnya hingga ke pelaminan. Aamiin Yaa Samii’ud Du’aa’.

(Cantumkan jika ada doa khusus untuk ibu dan juga doa yang lainnya,agar kami para jamaah bisa mengaminkannya)Gnite 

Silahkan Klik Like dan Bagikan di halamanmu agar kamu dan teman-temanmu senantiasa istiqomah dan bisa meningkatkan ketakwaannya kepada ALLAH SWT.

Ya ALLAH...
✔ Muliakanlah orang yang membaca tausiah ini
✔ Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
✔ Lapangkanlah hatinya
✔ Bahagiakanlah keluarganya
✔ Luaskan rezekinya seluas lautan
✔ Mudahkan segala urusannya
✔ Kabulkan cita-citanya
✔ Jauhkan dari segala Musibah
✔ Jauhkan dari segala Penyakit,Fitnah,Prasangka Keji,Berkata Kasar dan Mungkar.
✔ Dan dekatkanlah jodohnya untuk orang yang membaca dan membagikan tausiah ini.

Aamiin ya Rabbal'alamin.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Open ID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, jualan produk obat; nama blog) otomatis tidak akan muncul. Hindari pertanyaan OOT (Out off topics). Sebelum bertanya, Cari Dulu di Kotak Pencarian! Salam Hangat


From RP 1.999.000 RP 1.599.000 -20%
kembali ke atas