Home » , » Cara Mudah Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogspot Bagi Pemula

Cara Mudah Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogspot Bagi Pemula

MEMBUAT BLOG
Cara Mudah Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogspot Bagi Pemula
Sobat muda yang kreatif. Perkembangan zaman IT saat sekarang ini, tak pelak harus dibarengi dengan perkembangan pola pikir manusianya. Perkembangan salahsatunya IT ditandai dengan lekatnya gadget canggih bagi seseorang. Namun, apakah semuanya sudah mampu memanfaatkannya? Berawal dari pertanyaan itu, ternyata masih Ane jumpai sebagian “gadgers” alias pengguna gadget masih kesulitan dalam membuat BLOG. Ironi bukan? Tidak ada yang salah dalam hal ini. Pengen rasanya menuangkan ide menulis Tutorial Lengkap seputar blog.

DEFINISI BLOG
Sebelum lebih lanjut dalam pembuatan blog, perlu diketahui apa itu blog. Dalam bahasa modern saat ini, dapat didefinisikan blog adalah sebuah media online yang dapat digunakan untuk berkomunikasi lewat tulisan, image, atau video. Tidak jauh berbeda dengan Web, salah satu yang membedakan adalah domain yang digunakan. Web bianya berbayar (ada juga yang free alias gratis). Sedangkan blog tidak memerlukan biaya dalam pembuatannya, itulah alasannya blog sangat cocok untuk semua orang. Sepengetahuan saya, yang paling populer dalam pembuatan blog adalah menggunakan tools berupa blogspot (buatan google) dan wordpress, prestashop (cocok untuk bisnis online), joomla dll.

PILIH BLOGSPOT ATAU WORDPRESS???
Sobat tidak perlu risau dalam menentukan pembuatan blog. Sekedar saran buat Sobat semua, bagi yang suka free alias gratis, serta lebih cepat terindeks oleh search engine buatlah blog dengan menggunakan blogspot. Alasanya:
  1. Blogspot dibuat oleh google, sehingga membantu pengguna memudahkan menemukan blog sobat. Karena google akan memasarkan (indeks blog sobat) melalui mesin pencarinya (search engine).
  2. Free alias gratis
  3. Cukup mudah dalam pengoptimalannya (design template, widget dll)
  4. Didukung google adsence (bagi yang suka membuat blog untuk tujuan komersil). Apakah wordpress tidak bisa? Setahu saya wordpress belum memberikan ruang untuk memasangkan iklan oleh google adsence (kalau Sobat sudah ada yang pernah memasangnya, share di sini ya)
  5. Sudah sangat familiar bagi pengguna internet
Pilihan terbaik, pengguna yang akan menentukan sendiri. Yang terpenting pilihlah media yang lebih mudah dalam mengoperasikannya.

LANGKAH MEMBUAT BLOG DENGAN BLOGSPOT
Dalam proses pembuatan blog, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Membuat akun gmail (email)
  2. Login pada alamat URL berikut: http://www.blogger.com. Login dengan memasukkan alamat email gmail yang telah dibuat pada langkah (1). Jika sudah mempunyai email gmail sebelumnya, bisa langsung menggunakannya. Bagi yang masih kesulitan dalam membuat akun blogspot, silakan lihat link berikut.
  3. Pilih “buat blog baru” > isi kolom Judul dan nama blog > GO
  4. Tutorial pembuatan Judul blog yang bagus untuk SEO sebuah blog, silakan klik di sini. Pada kolom alamat, silakan diisi sesuai dengan tujuan awal pembuatan blog. Saran: judul dan alamat blog yang sama akan membuat blog lebih SEO.
  5. Finish
  6. Mulai ngeblog (mulailah dengan membuat posting artikel baru) dengan cara klik Gambar Pena pada bagian Dashbord.
Keterangan :
1. Sudah masuk akun blogger, dan klik "Blog Baru"
Cara Mudah Membuat Menggunakan Blogspot
2. Isi Judul dan Alamat Blog > "Buat Blog"
Cara Mudah Membuat Menggunakan Blogspot

3. Mulai membuat posting artikel pada blog
Cara Mudah Membuat Menggunakan Blogspot

4. Menulis posting artikel
Cara Mudah Membuat Menggunakan Blogspot

Mudahkan Sob? Silakan berkreasi yang positif. Good luck!

4 komentar:

  1. Assalamualaikum..
    pak cara nya ganti gambar yang ada di blogg itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gambar apa? yang di header (di atas menu) apa di dalam postingan?

      Delete

Disarankan berkomentar menggunakan Open ID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, jualan produk obat; nama blog) otomatis tidak akan muncul. Hindari pertanyaan OOT (Out off topics). Sebelum bertanya, Cari Dulu di Kotak Pencarian! Salam Hangat


From RP 1.999.000 RP 1.599.000 -20%
kembali ke atas