Home » , » FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN SAAT PRESENTASI

FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN SAAT PRESENTASI

Sahabat budiman. Dalam perkembangan ilmu komuniskasi saat ini, sangat penting bagi kita dalam menerapkan metode yang tepat. Banyak metode atau cara yang dapat dilakukan, misalkan dengan memanfaatkan "teknologi" atau "device". Salah satu perangkat aplikasi dalam hal ini adalah power point atau media flash, seperti diskusi sebelumnya tentang beberapa aplikasi yang dapat digunakan dalam presetasi.

Secara sederhana berikut ulasan menurut saya faktor penting pendorong keberhasilan saat presentasi:
1. Faktor internal
2. Faktor Eksternal


Sahabat budiman. Faktor penting keberhasilan dalam presentasi tidak hanya tergantung bagiamana cara kita menggunakan tools yang tepat, melainkan fakrot internal diri kita sendiri. Jika dirunut dengan teliti, faktor utama itulah yang akan menjadikan penentu keberhasilan dalam suatu presentasi. Sehingga perlu kita sadari, berbagai macam tools yang ada itu hanyalah pelengkap dan "pembantu" kita dalam menyampaikan presentasi. Sehingga, kita perlu meyakini akan kualitas dengan diri sendiri, atau istilah kerennya "percaya diri".

Salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri adalah bisa ditopang dengan "study" lanjut atau belajar menguasai materi yang akan disampaikan dalam presentasi itu sendiri. Sejauh mana kita menguasai materi, itulah sejatinya faktor internal yang sama maksud. Selain daripada itu, faktor internal yang tak kalah penting adalah kesiapan mental dalam menyampaikanmateri. Sejauhmana kesehatan diri Sahabat ketika presentasi. Perasaan guup, gemetar, berbicara tidak lancar, penampilan yang rapi dan meyakinkan dan banyak pendukung lainnya. Kesimpulan faktor internal, terpilah menjadi beberapa bagian berikut:
1. Penguasaan materi
2. Kondisi kesehatan badan
3. Gugup, panik, gemetar
4. Tutur bahasa dan vokal bicara yang jelas dan tidak putus-putus
5. Penampilan
Sahabt budiman. Modal selanjutnya dalam menyiapkan keberhasilan presentasi setelah faktor internal adalah faktor eksternal. Artinya, faktor ini diperoleh dari luar tubuh kita. Dalam hal ini yang perlu Sahabat lakukan adalah dengan menggunakan "tools" atau "device". Untuk memahami lebih lanjut tentang "tools" atau "device", silakan baca artikel terkait.  Yang saya maksudkan dengan faktor eksternal di sini misalkan aplikasi pendukung "modern" saat ini, misalkan power point ataupun media flash. Kedua aplikasi dalam office tersebut layak Sahabat gunakan dalam melakukan presentasi. Sejauhmana Sahabat memanfaatkan "tools" atau "device" yang ada, saya berkeyakin presentasi akan mampu dilakukan dengan maksimal.
Sejauhmana kesiapan diri dalam menyelesaikan dan mengutarakan presentasi kita, serta didukung dengan kepercayaan diri dan menggunakan tools yang tepat, insyaaloh akan berjalan majsimal.
Demikian sedikit ulasan dan "pengalaman" yang pernah Ane lakukan. Semoga menjadi kemanfaatn buat Sahabat budiman.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Open ID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, jualan produk obat; nama blog) otomatis tidak akan muncul. Hindari pertanyaan OOT (Out off topics). Sebelum bertanya, Cari Dulu di Kotak Pencarian! Salam Hangat


From RP 1.999.000 RP 1.599.000 -20%
kembali ke atas