Home » , » Cara Membangun Blog Berkualitas dan disukai Google, Alexa serta Search Engine Lain

Cara Membangun Blog Berkualitas dan disukai Google, Alexa serta Search Engine Lain

membangun blog berkualitas
Sahabat blog Sahil. Beberapa waktu lalu ada pengalaman unik yang Ane dapatkan sewaktu mendengarkan keluhan dari rekan blogger. Pertanyaan tersebut berkenaan dengan bagaimana membuat planing dalam membangun sebuah blog pribadi yang berkualitas dan disukai google maupun alexa. Beberapa pertanyaan diajukan dan akhirnya kita berdiskusi sejenak. Dari diskusi tersebut, akhirnya timbul keinginan Ane untuk shared dan menyampaikan hasilnya di forum ini.
Pokok pembahasan diskusi di atas, saya simpulkan menjadi beberapa pokok bahasan berikut:
  1. Bagaimana membangun sebuah blog yang berkualitas?
  2. Langkah-langkah apa yang perlu dilakukan para blogger pemula dalam membangun blog berkualitas?
  3. Followup/tindak lanjutnya seperti untuk mempertahankann kredibilitas sebuah blog berkualitas agar tetap eksis dan konsisten?
Sahabat. Sudah menjadi keharusan dalam membangun sebuah blog berkualitas tentu memerlukan kerja keras, ketekunan dan sikap optimiatis. Tidak hanya itu, keseriusan dalam belajar mutlak diperlukan. Tidak sekedar asal membuat blog dan coba-coba, namun perlu planing perencanaan yang matang (wah, kok serius banget.red). Berdasarkan hal itu, keyakinan akan sebuah keberhasilan menjadi faktor kunci dalam membangun sebuah blog yang berkualitas.

Sahabat. Sebenarnya makna berkualitasnya sebuah blog itu parameternya seperti apa? Mungkin sebagian banyak orang memiliki kriteria sendiri dan berbeda dalam memaknai arti kata "berkualitasnya" sebuah blog. Sehingga, munculnya penafsiran yang luas itu menjadi motivasi rekan saya untuk berdiskusi ini. Bagaimana menurut sobat?
Menanggapi hal itu, menurut blog Sahilluqman, makna berkualitas atau tidaknya sebuah blog, secara umum ditentukan beberapa faktor berikut:
  1. Blog tersebut disukai,  digemari, diminati dan ditunggu informasi edukasi selanjutnya oleh pembaca maupun admin pengelola apa tidak?
  2. Admin/Penulis merasa lega akan hasil edukasi ilmu yang telah berhasil ditulis dan disampaikam kepada pembaca (tersampaikannya inforrmasi ilmu sesuai yang diharapkan penulis) apa tidak?
  3. Secara eksternal, blog tersebut disukai oleh google atau mesin pencari yang lain (search engine), seperti yahoo, memex apa tidak?

Pertanyaan di atas tentu menjadi bahan pemikiran kita untuk memperkecil ruang lingkup pembahasan ini.

Bagaimana langkah kita dalam membuat blog yang digemari, disukai dan dinanti pembaca? Untuk lebih mempermudah menjawab pertanyaan itu, mari kita cermati sejenak. Jika blog SL analogikan masalah itu, sama ketika kita membangun sebuah rumah. Sebuah Rumah akan disukai dan digemari serta menjadi tempat yang nyaman ditempati, baiti jannti apabila memiliki kriteria berikut:
  1. Pemilihan desain tata ruang yang tepat sesuai keinginan. Minimalis, premium atau ngejreng? Pemilik rumahlah yang akan menentukan.
  2. Penataan isi rumah
  3. Pemilik rumah yang ramah tamah
  4. Pemilihan letak alamat rumah yang strategis, mudah dijangkau

Seperti halnya dalam membangun sebuah blog yang berkualitas, faktor penting yang harus dilakukan menurut blog Sahill analog point di atas:
  1. Tentukan visi misi dalam membangun sebuah blog (wah kok kayak organisasi).
  2. Maksud Ane, visi misi ini menjadi pondasi yang sangat penting karena akan menjadi acuan dalam langkah kedua, yakni menentukan desain tampilan blog. Misalkan Sobat ingin membuat blog dengan tujuan bisnis online, tenti harus menyesuaikan tata kelola desain yang tepat. Sebagai contoh website yang sudah kita kenal seperti tokobagus.com atau olx.co.id. Tata kelola desain tampilan web atau blog tersebut tentu akan sangat berbeda dengan desain tampilan website atau blog berita, seperti detik.com.
  3. Menentukan desain tampilan blog. Desain tampilan blog hendaknya menyesuaikan tujuan awal dalam membangun sebuah blog yang berkualitas seperti penjelasan point satu. Dalam hal ini bisa diawali dari pemilihan template baik dan benar, tentu salah satu parameternya adalah desain template yang disukai google atau mensin pencari lain. Misalkan template blog yang SEO, fast loding (loading cepat), responsive dan friendly. Sehingga perlu dilakukan optimasi dasar blog SEO. Bagi pemula (seperti Ane wajib melakukan langkah ini). Hal itu yang kini menjadi trending topic para webmaster tahun 2015. Bagi rekan-rekan yang belum mempunyai template blog seperti kriteria tersebut (SEO 100%), silakan download di sini atau link ini.
  4. Memulai isi blog dengan konten tulisan yang berkualitas. Hal ini menjadi faktor utama berkualitas atau tidaknya blog, karena mau sebagus apapun tampilan namun tanpa isi konten (tulisan) yang berkualitas, maka semua itu akan tidak berguna. Sehingga perlu Admin blog yang ramah dan santun. Hal ini berkenaan dengan etika komunikasi yang baik terhadap pembaca. Tentu poin ini menjadi rujukan dalam menentukan point satu sampai tiga. Keramah tamahan pengelola/pemilik blog akan menciptakan kenyamanan pembaca (tata pemilihan desain warna, font, jenis huruf yang sejuk dimata), memudahkan-dapat dibuka dengan device apapun saat ini (mobile friendly).
Sahabat blogger.
Sudah menjadi keharusan para blogger yang memang berniat membangun sebuah blog, website yang berkualitas. Sejauhmana para bloger dalam menafsirkan makna berkualitasnya sebuah blog, hal itu pula yang akan menentukan langkah untuk mencapai keberhasilan dan ketercapaian tujuan awal. So, luruskan niat dan ikhtiar sesuai planing yang telah kita rancang. Good luck and happy blogging
Salam.

(http://sahilluqman.blogspot.com).*

5 komentar:

Disarankan berkomentar menggunakan Open ID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, jualan produk obat; nama blog) otomatis tidak akan muncul. Hindari pertanyaan OOT (Out off topics). Sebelum bertanya, Cari Dulu di Kotak Pencarian! Salam Hangat


From RP 1.999.000 RP 1.599.000 -20%
kembali ke atas