Sobat, ini sedikit saya share tentang RPP dan Silabus Pelajaran Fisika Kelas X SMK Jurusan TKJ. Bahwasanya, pada tahun ini sudah banyak sekolah yang telah menerapkan kurikulum tahun 2013. Semoga bermanfaat.
NB: Silakan kirimkan e-mail rekan-rekan manakala membutuhkan. Inyalloh akan saya kirim file silabus dan RPPnya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMK WALISONGO KARANGMALANG
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester :
X/Dua
Peminatan :
Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
Materi Pokok :
Pengukuran
Alokasi Waktu : 3
x 6 JP
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Memahami nilai-nilai
keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran
Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1
Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran
(ketepatan, ketelitian dan aturan angka penting)
Indikator:
·
Membuat daftar (tabel) nama besaran, alat ukur, cara mengukur dan
satuan yang digunakan secara individu, termasuk
yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di
Sumatera Utara, untuk ukuran panjang: tumbak di Jawa Barat, patok di Jawa
Tengah).
·
Mengamati beberapa alat ukur panjang, massa dan waktu
yang ada di sekitar(mistar
milimeter, jangka sorong, roll meter,
neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch) dan mengetahui cara kerja atau penggunaan alat.
·
Mendiskusikan cara
menggunakan alat ukur, cara mebaca skala dan cara menuliskan hasil pengukuran
·
Mendiskusikan aspek
ketelitian, ketepatan dan keselamatan kerja dalam mengukur
·
Mengukur masa jenis
kelereng, (pengukuran dilakukan satu kali) dan kabel listrik, batu kerikil
(dilakukan berulang dengan ukuran berbeda dan jenis yang sama) secara
berkelompok dengan menggunakan neraca, jangka sorong, roll meter meter dan
gelas ukur
4.1
Menyajikan hasil pengukuran besaran
fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan
ilmiah
Indikator:
·
Mengolah data hasil
pengukuran berulang (diberikan oleh guru) dalam bentuk penyajian data, membuat
grafik, menginterpretasi data dan grafik, menghitung kesalahan serta
menyimpulkan hasil interpretasi data
·
Membuat laporan tertulis
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan, peserta didik
dapat:
·
Memahami besaran
pokok dan turunan
·
Mengidentifikasi satuan besaran pokok dan turunan
·
Mengidentifikasi alat-alat ukur baik fungsi dan cara
kerjanya
·
Melakukan percobaan pengukuran panjang, massa dan waktu
·
Mengolah dan menyajikan data percobaan pengukuran panjang, massa dan waktu
·
Menyajikan hasil percobaan pengukuran panjang, massa dan waktu
D. Materi
Pembelajaran
·
Besaran pokok dan
turunan: tujuh besaran pokok dan satuannya
·
Alat ukur panjang: penggaris, meteran, jangka sorong,
micrometer sekrup dan lain-lain
·
Alat ukur massa: neraca, timbangan
·
Alat ukur waktu: jam, stop watch
Konsep
·
Pengertian besaran pokok dan turunan beserta satuannya
·
Alat-alat ukur fisis (panjang, massa, waktu dan
lain-lain)
·
Kesalahan sistematis dan acak dalam pengukuran
·
Angka penting
Prinsip
·
Besaran pokok dan turunan beserta satuannya
·
Timbangan, neraca, penggaris, jangka sorong,
micrometer sekrup, stop watch
·
Kesalahan sistematis dan acak
·
Aturan-aturan angka penting
Prosedur
·
Percobaan pengukuran
panjang
·
Percobaan pengukuran
massa
·
Percobaan pengukuran
waktu
E. Metode
Pembelajaran
·
Demonstrasi
·
Eksperimen
·
Diskusi kelompok
·
Tanya jawab
F. Media, Alat dan
Sumber Belajar
·
Media : cetak dan
elektronik (internet)
·
Alat :
mistar, rol meter, jangka sorong, neraca, stop watch
·
Sumber Belajar : buku pegangan Fisika jilid
1, Buku Fisika Penunjang Aktifitas Peserta didik, mechanics 1 dan 2, dan hands out
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Mengucapkan salam, berdoa
bersama dan mengabsensi siswa
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Memberikan
motivasi kepada siswa dengan menanyakan pengalaman yang dialami siswa dalam
kehidupan sehari-hari tentang pengukuran
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Menjelaskan pengertian besaran pokok dan turunan
·
Menjelaskan satuan dan
konversi
·
Menerapkan konversi
satuan dalam suatu soal kasus dalam kehidupan sehari-hari
·
Guru
menilai keterampilan peserta didik mengamati
Menanya
· Mendiskusikan arti besaran dan satuan
· Mendiskusikan cara mengkonversi satuan
· Mendiskusikan dan mengidentifikasi alat-alat ukur
Mengekplorasi
·
Melakukan
perhitungan konversi satuan dalam besaran pokok maupun turunan
·
Menganalisa
cara kerja dan fungsi dari alat ukur panjang, massa dan waktu
·
Guru
menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mengkonversi satuan serta menilai kemampuan peserta didik
menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah
Mengasosiasi
·
Peserta didik menjelaskan
perbedaan antara besaran pokok dan turunan beserta satuannya
·
Peserta didik menyelesaikan perhitungan
tentang konversi satuan dalam besaran pokok dan turunan dalam kasus permasalahan
kehidupan sehari-hari
·
Guru
membimbing/menilai kemampuan peserta didik mengolah data dan merumuskan
kesimpulan
Mengomunikasikan
·
Membuat laporan tertulis
·
Guru
menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan
|
45 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta
didik menyimpulkan tentang besaran pokok dan turunan serta cara mengkonversi
satuan baik dalam besaran pokok maupun turunan
·
Memberikan tugas
baca tentang macam-macam alat ukur fisis beserta cara kerjanya
·
Memberikan tugas
baca tentang aturan penulisan angka penting dalam menyampaikan laporan
tertulis
·
Melaksanakan
postes
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Mengucapkan salam, berdoa
bersama dan mengabsensi siswa
·
Merefleksi hasil postes pertemuan
sebelumnya
·
Menagih dan mengingatkan tugas baca
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
· Dua
orang peserta didik dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil
tugas baca tentang macam-macam alat ukur fisis
beserta cara kerjanya
· Mendiskusikan cara menggunakan alat ukur, cara membaca skala dan cara
menuliskan hasil pengukuran
· Mendiskusikan aspek ketelitian, ketepatan dan keselamatan kerja
dalam mengukur
Mencoba
· Membuat daftar (tabel)
nama alat ukur, cara mengukur dan satuan yang digunakan secara
individu, termasuk yang berlaku di
daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumatera Utara, untuk
ukuran panjang: tumbak di Jawa Barat, patok di Jawa Tengah).
· Mengamati beberapa alat
ukur panjang, massa dan waktu yang ada di sekitar(mistar milimeter, jangka sorong, roll meter, neraca lengan, neraca
pegas, dan stopwatch) dan mengetahui cara kerja atau penggunaan alat.
·
Kelompok diminta untuk mencoba melakukan pengukuran panjang, massa dan waktu
·
Kelompok menuliskan hasil
pengukuran panjang, massa dan waktu
·
Kelompok mendiskusikan pemecahan
masalah tentang pengukuran panjang, massa dan waktu
·
Guru
menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mencoba,
menggunakan alat, dan mengolah data, serta menilai kemampuan peserta didik
menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah
Mengasosiasi
·
Peserta didik mengolah data hasil
pengukuran berulang (diberikan oleh guru) dalam bentuk penyajian data,
membuat grafik, menginterpretasi data dan grafik, menghitung kesalahan serta
menyimpulkan hasil interpretasi data
·
Guru
menilai keterampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
·
Perwakilan kelompok memaparkan hasil
diskusi pemecahan masalah
·
Guru
menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi
|
45 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta
didik menyimpulkan kegiatan pengukuran panjang, massa dan waktu
·
Memberikan tugas
baca lembar kerja praktik yang akan datang
·
Melaksanakan
postes
|
15 menit
|
Pertemuan Ketiga
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Mengucapkan salam, berdoa
bersama dan mengabsensi siswa
·
Merefleksi hasil postes pertemuan
sebelumnya
·
Menagih dan mengingatkan tugas baca
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Peserta didik membaca kembali lembar
kerja praktik
Menanya
·
Memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja praktik yang perlu
dikonfirmasi
Mencoba
·
Peserta didik dibagi dalam kelompok,
masing-masing terdiri dari 8 orang
peserta didik
·
Peserta didik bekerja dalam kelompok
sesuai langkah kerja dalam lembar kerja untuk mendapatkan data
·
Guru
menilai keterampilan menggunakan alat, mengolah, dan menyaji data, serta
kejujuran dan ketelitian dlam memperoleh data, serta kerjasama dalam kelompok
Mengasosiasi
·
Kelompok mendiskusikan penyajian dan
pengolahan data serta menyiapkan bahan presentasi kelompok
·
Guru
menilai kerjasama dan tanggungjawab peserta didik dalam kerja kelompok
Mengomunikasikan
·
Dua perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil kerja kelompok
·
Guru menanggapi hasil presentasi untuk
memberi penguatan pemahaman dan/atau mengklarifikasi miskonsepsi
·
Setiap peserta didik menyiapkan
laporan hasil praktikum dengan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan hasil
diskusi
·
Peserta didik menyerahkan laporan
praktikum melalui email, sedangkan laporan cetaknya dikumpulkan tiga hari
kemudian.
·
Peserta didik mengolah data hasil
pengukuran berulang (diberikan oleh guru) dalam bentuk penyajian data,
membuat grafik, menginterpretasi data dan grafik, menghitung kesalahan serta
menyimpulkan hasil interpretasi data
·
Guru
menilai keeterampilan menyaji dan menalar, serta kesantuan dan kemampuan
berkomunikasi
|
45 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta
didik menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan pentingnya
kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh, menyajikan,
mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama, kolaborasi, dan
komunikasi dalam kerja kelompok
·
Memberikan tugas
presentasi penerapan elastisitas dalam kehidupan dan teknologi dan persiapan
mengikuti tes tertulis (Ulangan harian) pada pertemuan yang akan datang
|
15 menit
|
Penilaian
1.
Mekanisme dan prosedur
Penilaian
dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi
kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian
hasil dilakukan melalui tes tertulis.
2.
Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen
observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam
kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen
kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada
aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen
laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas
visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen
tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3.
Contoh Instrumen (Terlampir)
Karabgmalang, ..... Juli 2014
Mengetahui
Kepala SMK WALISONGO Guru
Mata Pelajaran Fisika
MUQORROBIN
SUUD, S.Pd.I NGADI
PARJOKO, S.Si
NIP.
NIP.
Catatan
Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran
a.
Lembar Observasi dan kinerja presentasi
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA
PRESENTASI
Mata Pelajaran :
Fisika
Sekolah :
SMK Walisongo Karangmalang
Kelas/Program :
X/ Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
Kompetensi :
KD 3.1 dan 4.1
No
|
Nama Peserta didik
|
Observasi
|
Kinerja Presentasi
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
||||
Akt
|
tgjwb
|
Kerjsm
|
Prnsrt
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
|
Abdus Shamad
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
|
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
|||||||||
6.
|
|||||||||
7.
|
|||||||||
8.
|
|||||||||
9.
|
|||||||||
10.
|
|||||||||
11.
|
|||||||||
12.
|
|||||||||
13.
|
|||||||||
14.
|
|||||||||
15.
|
|||||||||
16.
|
|||||||||
17.
|
|||||||||
18.
|
|||||||||
19.
|
|||||||||
20.
|
|||||||||
Keterangan
pengisian skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
a. Pretes/postes
Pretes/Postes
Pertama
A. Berilah
tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Besaran pokok terdiri dari tujuh besaran
|
||
2.
|
Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari
besaran pokok
|
||
3.
|
Gaya adalah salah satu dari besaran pokok
|
||
4.
|
Mistar, jangka sorong dan micrometer sekrup
merupakan alat ukur massa
|
||
5.
|
1 Kilometer jika dikonversi nilainya menjadi 1.000 meter
|
A. Jawablah
petanyaan berikut ini
1.
Sebuah kolam yang berbentuk persegi panjang memiliki
ukuran secara berturut-turut 100 cm x 35 cm x 30 cm. Tentukan volume kolam
tersebut dengan memperhatikan aturan penulisan angka penting !
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b. Contoh Tes Uraian
1. Sebutkan dan jelaskan pengertian besaran pokok dan turunan beserta
satuannya!
2. Konversikan nilai berikut:
a.
100 liter = ...m3
b.
100 m = ...mm
3. Jelaskan yang dimaksud dengan angka penting ! berikan contohnya !
4. Jelaskan pengertian kesalahan acak dan sistematis ! berikakan contohnya
!
5. Perhatikan
data percobaan berikut
Perhatikan data percobaan tentang pengukuran
panjang dengan menggunakan jangka sorong dan micrometer sekrup
Exp
|
Skala utama (cm)
|
Skala nonius (mm)
|
1)
|
50
|
32.0
|
2)
|
100
|
34.5
|
a. Tentukan nilai hasil pengukuran sesuai
table dia atas!
b.
|
Tentukan nilai rata-rata dari hasil
pengukuran di atas !
c. Lembar Kerja Praktik
1.
|
Ukur panjang diameter
dan tinggi sebuah silinder dengan menggunakan jangka sorong dan micrometer
sekrup
2.
Baca skala yang ditunjukan jangka sorong dan micrometer sekrup pada skala utama dan skala nonius
(skala geser)
3.
Lakukan percobaan dengan terus menerus sebanyak 5 kali pengukuran. Lakukan pengukuran dengan cermat dan
teliti. Kemudian masukan data percobaan ke dalam tabel berikut ini
a. Data
Percobaan jangka sorong
Ketelitian jangka sorong = ...cm
Perc
Ke
|
Skala utama (cm)
|
Skala nonius (cm)
|
Hasil pengukuran (cm)
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
Jumlah total (U)
|
..........................
|
||
Rata-rata (U/5)
|
..........................
|
||
Hasil pengukuran akhir
|
..........................
|
b. Data
Percobaan micrometer sekrup
Ketelitian micrometer sekrup = ...cm
Perc
Ke
|
Skala utama (cm)
|
Skala nonius (cm)
|
Hasil pengukuran (cm)
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
Jumlah total (U)
|
..........................
|
||
Rata-rata (U/5)
|
..........................
|
||
Hasil pengukuran akhir
|
..........................
|
4.
Buatlah laporan praktik dengan struktur
seperti berikut. Gunakan laptop/komputer atau kalkulator (scientific calculator) untuk mendapatkan grafik dan persamaan garis
yang akurat. Kirim laporan melalui email sahilluqman@gmail.com dan sampaikan ulasan kegiatan Bab ini di alamat web sahilluqman.blogspot.com
Struktur
laporan adalah sebagai berikut
a.
Judul
b.
Tujuan
c.
Landasan teori
d.
Alat dan bahan (sertakan dengan gambar
atau foto)
e.
Langkah kerja
f.
Data percobaan
g.
Jawaban pertanyaan
h.
Kesimpulan
i.
Referensi
FORMAT PENILAIAN LAPORAN PRAKTIKUM
(PORTOFOLIO)
Mata
Pelajaran : Fisika
Sekolah : SMK Walisongo Karangmalang
Kelas/Peminatan : X/Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
Materi
Pokok : Pengukuran
No
|
Nama Peserta didik
|
Aspek Penilaian
|
Skor rata-rata
|
Nilai
|
|||||
Visual
|
Ketelitian
|
Kejujuran
|
Penyajian Data
|
Bentuk Regresi
|
Jawaban Pertanyaan
|
||||
1.
|
Akhyar Mustaqim
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3,33
|
83
|
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
|||||||||
6.
|
|||||||||
7.
|
|||||||||
8.
|
|||||||||
9.
|
|||||||||
10.
|
|||||||||
11.
|
|||||||||
12.
|
|||||||||
13.
|
|||||||||
14.
|
|||||||||
15.
|
|||||||||
16.
|
|||||||||
17.
|
|||||||||
18.
|
|||||||||
19.
|
|||||||||
20.
|
|||||||||