Home » , » Daftar Menu Wajib pada Blog

Daftar Menu Wajib pada Blog

Naviasi menu
PENGERTIAN NAVIGASI MENU
Sahabat blog Sahil. Menindaklanjuti berbagai pertanyaan dari para rekan melalui study langsung dengan blog Sahil, maka perlu kiranya pagi ini Ane mencoba menjawabnya. Hal tersebut berkenaan dengan pertanyaan seputar tata kelola desain blog, terututama pada tampilan menu yang wajib ada pada sebuah blog. Pertanyaan ini sebenarnya memang sudah terjawab manakala seorang blogger sudah menggunakan template SEO, apalagi responsive, friendly and load faster. Tentu aspek penting sebuah template dengan kategori tersebut, sudah dipertimbangkan oleh senior peclumbuat template, dengan cara mengincludkan - memasukkan "daftar menu wajib pada blog'. Namun tidak ada salahnya jika kita mulai pembicaraan kita dari awal.

Sahabat blog Sahil. Daftar menu yang dimaksud di sini adalah "Menu Navigasi" atau "Navigasi Menu" yang terdapat pada sebuah blog. Navigasi menu ini merupakan bagian dari Link Internal dan eksternal yang sangat dianjurkan oleh Google. Kenapa demikian? Karena, pada dasarnya Navigasi Menu bisa berfungsi sebagai link statis menautkan pada halaman statis saja (langsung muncul jika kita telusuri), namun juga sebagai link yang dapat menautkan label yang telah kita buat sesuai dengan kategori masing-masing. Selain daripada itu, Navigasi menu juga bisa berfungsi sebagai link eksternal yang akan menautkan pada alamat URL tertentu, misal ke blog atau web seseorang. Sehingga, mengingat sangat pentingnya fungsi dari menu navigasi, bisa dikatakan WAJIB bagi seorang blogger untuk menampilkannya pada sebuah blog atau web.


DAFTAR NAVIGASI MENU YANG WAJIB ADA PADA BLOG
Sahabat blogger Sahil. Berikut beberapa daftar Menu wajib pada blog, dengan mempertimbangankan banyak fungsi dan secara umum sangat dibutuhkan oleh pada pembaca, dan juga menjadi dasar Google dalam mengapresiasi kualitas sebuah blog:

1. Home/ beranda/ halaman depan.
Navigsai menu "Home/beranda/halaman depan bisa dikatakan sebagai menu paling penting. Saking pentingnya, bisa dikatakan sebagai wajib 'ain (dosa kalau tidak ada pada blog atau web), hehe.
2. About/ tentang.
Daftar menu "About/tentang" ini menggambarkan secara umum dan khusus sebuah blog atau web. Misalkan tujuan pemilik blog atau web adalah jualan sepatu, maka isi dari menu About/tentang ini bisa seputar perusahaan/ toko sepatu, seperti merek sepatunya apa saja, bagaimana sistem penjualannya, produk lokal atau import.

3. Sitemap/peta Situs
Navigasi menu ini juga sering disebut daftar isi. Seberapa penting navigasi menu ini? Tentu sangat penting. Daftar isi ini akan berfungsi sebagai internal link maupun eksternal link.
4. Contact
Pada Navigasi menu ini berisi tentang alamat admin blog/web, bisa berupa no telp, alamat rumah, serta e-mail. Fungsinya sebagai media komunikasi dua arah kepada pengunjung manakala ingin berkonsultasi atau menanyakan sesuatu yang dirasa belum faham terkait artikel yang terdapat dalam blog kita. Daftar navigasi menu ini bisa juga diintegrasikan kedalam menu about. Namun tidak ada salahnya jika sahabat blogger membuatnya terpisah.

5. Privacy policy/ Kebijakan Privasi
Daftar navigasi menu ini banyak pula yang mengatakan sebagai Disclaimer. Isi pada navigasi menu ini tentang tata tertib pengujung sebuah blog. Dalam membuatnya juga tidak sulit, bisa dilakukan dengan Privacy Policy Generator. Sedangkan disclaimer, biasanya lebih pada penjelasan admin kepada pengunjung tentang tatakrama penggunakan segala informasi yang terdapat pada blog kita.

6. Kotak pencarian blog
Pada bagian ini, sebenarnya tidak termasuk dalam menu, namun lebih pada tools yang memberikan kemudahan kepada pengunjung. Kotak pencarian blog juga mempunyai fungsi sangat penting. Apabila pengunujung ingin mencari kategori tulisan di dalam blog kita dengan banyak sekali kategori dan judul, tentung sangat menyulistkan. Oleh karena itu, kotak pencarian blog berfungsi dengan dimasukkannya keyword atau kata kunci di dalamnya, sesuai dengan kehendak pengunjung. So friendly sekali bukan. Seperti halnya di blog Sahil ini. kotak pecariannya keren ^_^.


Demikian daftar navigasi menu yang wajib ada pada blog. Lalu bagaimana dengan blog atau web untuk jualan online (bisnis)?

Secara umum, daftar menu navigasi di atas sudah cukup. Namun jika ingin menambah kemudahan kepada pengunjung, tidak ada salahnya jika ditambah dengan daftar navigasi menu berikut:
1. Product
2. Stock
3. Services
4. Cek barang (cek keberadaan barang pembelian lewat tiki, jne, pos dan lain-lain)

Apakah berdosa jika daftar menu di atas tidak ada pada blog atau web? Tentu tidak sob. Karena pada dasarnya daftar menu di atas hanya sekedar alat pembantu para pembaca blog/web kita. Semakin memudahkan pengunjung, tentu itu akan disukai google.


Good luck!

2 komentar:

  1. terimakasih tutorilnya mas. Tabah sukses ya.

    ReplyDelete
  2. Keren sob artikelnya, ditunggu artikel yang bermanfaat lainnya
    Izin Nyimak saja :)
    s.id/5tT

    ReplyDelete

Disarankan berkomentar menggunakan Open ID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, jualan produk obat; nama blog) otomatis tidak akan muncul. Hindari pertanyaan OOT (Out off topics). Sebelum bertanya, Cari Dulu di Kotak Pencarian! Salam Hangat


From RP 1.999.000 RP 1.599.000 -20%
kembali ke atas