Home » , » 8 Cara Memaksimalkan SEO Blog dengan Mudah dan Ampuh

8 Cara Memaksimalkan SEO Blog dengan Mudah dan Ampuh

Cara Membuat SEO Blog
seo
Sobat SL. Sudah menjadi keharusan bagi rekan-rekan yang menginginkan membangun sebuah blog berkualitas memerlukan tahap belajar secara konsisten. Seperti yang pernah berulang kali SL uraikan pada postingan sebelumnya. Keharusan tersebut dirasa "wajib" dilakukan jika menginginkan tujuan tersebut.

Namun berbeda jika hanya sebatas "asal nulis posting" atau disingkat "ANP-Asal Nulis Posting", hehe.

Secara sederhana, mari kita mulai pembahasan cara membangun sebuah sebuah blog berkualitas namun menggunakan bahasan yang sederhana, yakni pada teknis pelaksanaannya secara langsung. Kenapa demikian? Hal ini saya maksudkan karena memang sudah saya jelasakan namun dengan pendekatan yang lebih "pragmatis" secara keilmuan para blogger, yang memang kali ini lebih "simpel" namun memiliki dampak yang bagus bagi keberjalanan blog Anda.

Hal-hal tersebut sudah sering kita dengar, bahkan menjadi "istilah wajib" yang harus difahami bagi setiap blogger, walaupun masih pemula sekalipun. Istilah yang saya maksudkan adalah makna pengertian SEO.

Jika rekan-rekan sudah memahami makna SEO, maka kali ini mari kita terapkan 10 Cara memaksimalkan SEO di blog. Cara tersebut antara lain:

  1. Memaksimalkan menu wajib ada pada blog
  2. Tag Meta deskripsi
  3. Tag meta robot
  4. Optimasi gambar postingan artikel
  5. Menggunakan Template blogger berkualitas SEO
  6. Menulis berkualitas SEO
  7. RSS Feed
  8. Maksimalkan senjata rahasia blog SL (pengalaman blog SL saja)
1. Memaksimalkan menu wajib ada pada blog
Pada bahasan ini sudah saya bahas sebelumnya. Namun kali ini saya saya update kembali agar lebih jelas. Menu wajib ada pada blog ini nantinya akan sangat membantu rekan-rekan dalam membuat sebuah blog yang baik. Olehkarena itu, silakan terapkan pada blog sobat. Lebih lanjut, silakan baca artikel sebelmnya [Klik di sini}

2. Tag Meta Diskripsi
Fitur ini sebenarnya sudah tersemat di dalam blogger. Namun biasanya, jika kita sudah menggunakan template yang berkulitas, pasti di dalamnya sudah terdapat tag meta diskripsi. Kenapa hal ini penting? Karena tag meta diskripsi bisa mempengaruhi SKOR SEO bisa sampai 22-an %. Bisa dibuktikan menggunakan tools pengecek skor SEO di Chkme.

Namun apakah perlu mensetting tag meta deskripsi di blogger jika kita sudah menggunakan template berkualitas? Menurut SL, hal ini masih perlu dilakukan agar lebih maksimal.
Cara mengatur tag meta deskripsi di blogger cukup mudah, yakni:
  1. Buka akun blogger
  2. Pilih Setelan > Prefensi penelusuran > Tag meta [klik edit]
  3. Isi tag meta deskripsi blog Sobat (pelajari cara mengisi tag meta deskripsi yang BENAR)
  4. Aktifkan deskripsi penelusuran [pilih Ya]
  5. Simpan perubahan
Setelah Sobat sudah melakukan pengaturan tag meta deskripsi, silakan cek Skor SEO blog sobat di Chkme. Buatlah SKOR SEO blog Sobat full 100% ya, seperti blog SL ini, hehe.

3. Tag meta robot
Tag meta robot ini berfungsi untuk mengatur, memberitahukan dan memerintahkan kepada robot perayap/pencari, halaman mana saja yang boleh diindex dan mana yang tidak boleh diindex. Sobat bisa memberikan penilaian sendiri penting tidaknya tentang hal ini.

Fitur ini selain untuk mengarahkan halaman terindex, juga berfungsi untuk "mengatasii terjadinya duplikat konten" yang umum terjadi dari halaman arsip, label dan pencarian.

Cara mengatur tag meta robot cukup mudah, karena sudah terdapat pada blogger.
  1. Masuk Dashbord
  2. Setelan > Prefensi penelusuran > Aktifkan tag header robots [Ya]
  3. Beri tanda [Check] pada Laman arsip > pilih noindex + no follow + noarchive
  4. Simpan perubahan
Mudah bukan?

4. Optimasi gambar posting artikel
Setiap kali membuat posting artikel baru, biasanya kita menyertakan file image atau gambar.  Salah satu faktor penting dalam penilaian skor SEO di sini adalah valid tidaknya gambar yang kita sertakan dalam setiap postingan.
Cara melakukan optimasi gambar posting artikel adalah:
Klik kanan pada gambar yang telah di upload > klik kanan > properties > isi title tag dab alt tag.
5. Menggunakan template bloggger berkualitas SEO
Sudah menjadi terend masa kini para bloger harus menggunakan template yang berkualitas. Kualitas yang Ane maksud adalah template yang Super SEO 100%, Fast loading, responsive user friendly. Temukan tipe template blog berkualitas [Klik di sini]

6. Menulis berkualitas
Menulis berkualitas menjadi faktor penting dalam membuat sebuah blog berkualitas. Namun apakah mudah membuat sebuah tulisan yang berkualitas? Jawabannya ada dalam benak Sobat masing-masing. Paling tidak, pelajari cara menulis yang berkualitas (baik, informatif edukatif dan tentu SEO disukai mesin pencari google)

7. RSS Feed
Jika kita menggunakan tools RSS Feed yang memang bertujuan untuk mengenalkan setiap artikel blog kita secara otomatis kepada pembaca setia, dirasa sangat menguntungkan

Namun hal ini juga memiliki kekurangan, yakni bisa saja pembaca hanya akan setia membaca setiap artikel terbaru kita pada email mereka saja. Jadinya mereka tidak mengunjungi blog kita. Maka dari itu, kita hanya akan membagikan artikel kita hanya beberapa uraian singkat saja di dalam setiap pembaruan postingan artikel kita ke email pembaca.

Caranya cukup mudah, silakan buka akun blogger > Dashbord > Setelan > lainnya > umpan situs. Pada informasi "izinkan umpan blog" pilih "singkat" saja Om.
Dengan opsi ini, maka setiap pelanggan akan diwajibkan membuka situs kita jika mengingkan informasi secara keseluruhan dari setiap artikel terbaru yang kita postingkan. Mudah bukan?

Nah, silakan lakukan optimasi 7 Cara memaksimalkan SEO blog dengan mudah.
Salam blogger.
(http://sahilluqman.blogspot.com/)

2 komentar:

  1. Bagaimanapun cara yang dilakukan pasti harus dengan kesabaran ekstra... ^_^ Memaksimalkan blog memang butuh proses yang panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas. Tetap semngat menjadi modal utama disertai pemahaman ilmu tentang blog

      Delete

Disarankan berkomentar menggunakan Open ID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, jualan produk obat; nama blog) otomatis tidak akan muncul. Hindari pertanyaan OOT (Out off topics). Sebelum bertanya, Cari Dulu di Kotak Pencarian! Salam Hangat


From RP 1.999.000 RP 1.599.000 -20%
kembali ke atas