Home » » Cara Membuat Halaman Statis About, Privacy Policy and Disclaimer dengan Mudah

Cara Membuat Halaman Statis About, Privacy Policy and Disclaimer dengan Mudah

Mengenal Fungsi Halaman Statis pada Blog
halaman statis
Sobat SL. Banyak sekali para "master blogger" memberikan ulasan, bahwa salah satu aspek penting dalam sebuah blog adalah adanya fitur seperti About, Privacy Policy, Sitemap Disclaimer dan Contact.
Begitu pentingnya fitur menu tersebut sehingga rekan-rekan wajib membuatnya. Memang benar yang disampaikan para master blogger, selain aspek tadi, kebanyakaan blog/web yang diterima google adsence mempunyai fitur menu wajib ada pada blog yang diletakkan pada halaman "statis".

Jika Sobat perhatikan sitemap di atas header pada blog SL, pasti terdapat perbedaan ketika melihat halaman menu. Perbedaannya bisa dilihat dari alamat "URL" nya. Bahwasanya, "sitemap/daftar isi" blog SL ditempatkan pada halaman statis sedangkan halaman menu ditempatkan di halaman dinamia.

Apa perbedaan dan alasannya? Kenapa ditempatkan di halaman statis dan dinamis?
Beberapa alasannya adalah karena "menu wajib ada pada blog" dilihat dari isi konten,  jarang dilakuka perubahan/diedit. Sehingga menu waajib ada pada blog" lebih tepat dan pas jika ditempatkan pada halaman statis. Walaupun sebenarnya kita bisa melakukan editing dan memperbarui isi kontennya kapanpun itu. Selain alasan tsb, hal itu dilakukan juga untuk mempermudah admin dalam membedakan pengelolaan posting dengan menu wajib ada pada blog.

Sebenarnya juga tidak salah apabila Sobat misalkan membuat konten menu Disclaimer seperti halnya membuat posting artikel baru dan nanti diberi "label" disclaimer. Lalu alamat URL label "disclaimer" kita tujukan pada "menu" disclaimer. Namun langkah ini "jarang" dilakukan oleh para master blogger. Itu artinya seorang admin blog akan terlihat sudah melakukan "kebiasaan" para master. Sehingga terkesan "tidak amatiran".^_^
So, tidak ada salahnya juga kita coba tips SL ini.

Bagaimana Cara Membuat Halaman Statis?

Langkah Membuat Halaman Statis
Misalkan tips kali ini kita akan membuat halaman "Sitemap" yang ditempatkan pada halaman statis:
1. Baca do'a
2. Login akun blogger
3. Pilih halaman (di bawah menu posting)
4. Silakan isi konten seperti membuat posting baru
5. Publikasikan
6. Klik buka/view pada halaman yang baru dibuat
7. Copy alamat URL halaman tsb
8. Cari kode menu "sitemap" pada template (Pelajari cara membuat halaman menu di atas header blog)
- Baca cara menghubungkan label dengan menu untuk mempemudah langkah ini.
9. Buka template > mode HTML
10. Cari kode "Sitemap" pada template > Pastekan alamat URL halaman statis (sitemap) yang sobat buat (langkah 7) ke template.
10. Save template
11. Alhamdulillah
Gampang bukan? Sekarang blog Sobat sudah terlihat berkualitas dan yang pasti, adminya "ganteng/jamilah jiddan", hehe. So sweet pokoknya.

Ok guys, goog luck and happy blogging.

2 komentar:

Disarankan berkomentar menggunakan Open ID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, jualan produk obat; nama blog) otomatis tidak akan muncul. Hindari pertanyaan OOT (Out off topics). Sebelum bertanya, Cari Dulu di Kotak Pencarian! Salam Hangat


From RP 1.999.000 RP 1.599.000 -20%
kembali ke atas