Home » » SOLAR COLLECTOR

SOLAR COLLECTOR


Solar heat collector

Berbagai inovasi banyak dilakukan untuk menciptakan device yang digunakan untuk kemashlahatan hajat hidup manusia. Hal itu wajar dilakukan, karena seperti yang menjadi isu di berbagai dunia akan kelangkaan sumber daya energi yang tak terbarukan. Oleh karena itu, telah banyak dilakukan penelitian guna memperoleh inovasi tentang sumber daya energi yang dapat diperbaharui. Salah satu karunia Sang Kholiq adalah Solar Power yang dipadukan dengan recycle bahan bekas dari kehidupan manusia, yang diberi nama sebagai inovasi Solar collector. 

Solar collector adalah alat pemanas air yang menggunakan tenaga surya sebagai sumber pemanas. Solar collector sendiri dibagi ke dalam tiga jenis berdasarkan temperatur kerjanya, yaitu solar collector temperatur rendah, menengah, dan tinggi. Solar collectortemperatur rendah biasanya bertipe unglazed flat plate collectors (kolektor pelat datar tanpa kaca) dan memiliki temperatur kerja 50-300, yang biasa digunakan untuk kolam renang atau keperluan agrikultur. Solar collectortemperatur menengah adalah flat-plate collectors(kolektor pelat datar) dengan kotak terisolasi dan satu atau dua buah kaca isolasi yang memiliki temperatur kerja 150-200 F diatas temperatur ambient, kolektor tipe ini adalah yang paling umum dan banyak digunakan untuk memanaskan air skala rumah tangga. Solar collectortemperatur tinggi adalah modifikasi dari solar collectortemperatur menengah, dengan berbagai jenis pelat penyerap panas dan isolasi yang lebih baik, dan dapat ditambahkan berbagai alat yang dapat meningkatkan kinerja dari solar collectorseperti solar tracker. Jenis-jenis solar collectortemperatur tinggi diantaranya adalah evacuated-tube flat plate types (tipe pelat datar pipa terevakuasi),parabolic dish reflector types (tipe reflektor parabola terbuka),parabolic trough types(tipe parabola beralur), dan modified parabola types (tipe parabola modifikasi) (Santoso, 2008-Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi 2008 – IST AKPRIND Yogyakarta). Demikian sedikit informasi Baca juga inovasi lain ini njeh.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Disarankan berkomentar menggunakan Open ID. Komentar SPAM dan SPAMMY (menyertakan link hidup, jualan produk obat; nama blog) otomatis tidak akan muncul. Hindari pertanyaan OOT (Out off topics). Sebelum bertanya, Cari Dulu di Kotak Pencarian! Salam Hangat


From RP 1.999.000 RP 1.599.000 -20%
kembali ke atas